Dekranasda Lampung Selatan Kenalkan Kerajinan Kain Tapis kepada Peserta JUMBARA PMR Nasional IX 2023

RADARMALL.CO.ID – Ketua Dekranasda Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto terima kedatangan Peserta JUMBARA PMR Nasional IX 2023 seluruh Indonesia di Gerai Dekranasda, Sabtu (08/07/2023).

Kegiatan tersebut dalam rangka Wisata Edukasi yang merupakan rangkaian agenda kegiatan JUMBARA. Pada kesempatan itu, pihak Dekranasda Lampung Selatan  memberikan edukasi tentang kerajinan – kerajinan yang ada di Lampung Selatan.

Kedatangan para peserta JUMBARA disambut langsung oleh Ketua Dekranasda Hj. Winarni Nanang Ermanto dan langsung menuju galery Dekranasda untuk melihat kerajinan yang ada disana.

Bacaan Lainnya

Wisata Edukasi itu diikuti oleh 80 orang peserta JUMBARA dari berbagai Provinsi se Indonesia termasuk peserta kontingen dari negara lain,yang dibagi dalam dua sesi pagi dan juga siang.

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Hendra Jaya beserta jajaran, Kepala Bagian Perekonomian Marlena.

Pada kesempatan itu para peserta diberikan edukasi tentang berbagai jenis kerajinan dan juga cara membuatnya.

Tidak hanya diberikan materi edukasi mereka juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung membuat kerajinan Lampung yaitu membuat kain Tapis.

Winarni menyambut baik dengan adanya kegiatan wisata edukasi itu, menurutnya ini merupakan ajang bagi Lampung Selatan untuk mengenalkan kerajinan kepada peserta dari Provinsi lain bahkan ke mancanegara.

” Saya menyambut baik kegiatan wisata edukasi ini, ini menjadi ajang bagi Lampung Selatan untuk mengenalkan kerjinan yang kita punya kepada Provinsi lain bahkan dikenal oleh para peserta dari Luar Negri”,ungkapnya.

Dikesempatan itu Winarni mengatakan jadikan ini sebagai pengalaman dan pembelajaran untuk mengenal kerajinan dan kebudayaan yang dimiliki Provinsi lain.

” Ini bisa menjadi pengalaman bagi peserta JUMBARA dari Provinsi lain sekaligus pembelajaran bagaiman suatu kerjainan di daerah itu dibuat “, kata Winarni.

Menurutnya Tapis bisa diaplikasikan diberbagai aksesoris seperti topi, tas, dan lain – lain, dan di era modern ini tapis juga bisa menjadi barang yang fashionable.

Salah satu peserta dari Negara Sahabat mengatakan membuat kerjainan tapis ini ternyata tidak mudah dan butuh keahlian khusus untuk menghasilkan kerajinan yang terbaik.

Dikahir kegiatan Winarni menyerahlan Souvenir kepada para peserta yang telah mengikuti wisata edukasi di Gerai Dekranasda Lampung Selatan. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar