Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan Parade Budaya Jumbara PMR Ke-IX di Kalianda

RADARMALL.CO.ID – Ribuan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan antusias menyaksikan parade budaya kontingen Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) ke-IX yang melintasi jalan protokol di Kota Kalianda.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sebelumnya melepas parade budaya yang merupakan rangkaian kegiatan Jumbara PMR ke-IX tingkat nasional tahun 2023, di Lapangan Cipta Karya Kalianda, Senin (3/7/2023).

Ribuan masyarakat dibuat terpukau dengan parade budaya yang menampilkan keragaman budaya dari 34 provinsi di Indonesia dan 12 negara sahabat. Mereka yang menyaksikan dari pinggir jalan terus melambaikan tangan sambil memberikan semangat kepada kontingen Jumbara dengan meneriakkan yel-yel.

Bacaan Lainnya

Tepuk tangan dan sorak sorai terdengar setiap kali kontingen melintas. Ribuan mata terpukau oleh keindahan kostum yang memancarkan keanggunan dan keunikan setiap daerah.

Sementara kamera-kamera dari berbagai media massa dan masyarakat umum berusaha menangkap momen-momen bersejarah ini.

Rute parade budaya dimulai dari Lapangan Cipta Karya melintasi Jalan Radin Inten, Kesuma Bangsa dan berakhir di Lapangan Korpri, Kalianda, Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Selama perjalanan kirab, peserta berbagi cerita, tradisi, dan kekayaan budaya mereka kepada masyarakat yang hadir. Hal ini mendorong kesadaran akan pentingnya melestarikan dan menghormati warisan budaya, serta memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan di tengah keberagaman.

Kirab atau parade budaya merupakan salah satu rangkaian acara utama dalam Jumbara PMR ke-IX tingkat nasional. Dimana ribuan peserta dari berbagai daerah dan tingkatan usia berpartisipasi dalam memamerkan kebudayaan daerah masing-masing.

Acara tersebut diadakan sebagai wujud kepedulian PMR terhadap pelestarian budaya Indonesia dan penanaman nilai-nilai sosial kepada para generasi muda.

Dengan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap kebudayaan lokal, peserta dari setiap daerah memperlihatkan kostum tradisional yang indah dan berwarna-warni, memainkan musik dan tarian khas, serta membawa atribut dan benda-benda bersejarah yang mewakili warisan budaya mereka.

Parade budaya ini merupakan bukti nyata bahwa semangat persatuan, kebersamaan, dan cinta terhadap budaya terus hidup di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Melalui Jumbara Nasional dan kegiatan serupa, PMR berperan penting dalam membentuk karakter dan mengembangkan jiwa sosial para pemuda-pemudi Indonesia. (rls)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *